Tips Melakukan Perjalanan Liburan Di Lombok

Lombok, adalah sebuah kota dan menjadi ibukota provinsi Nusa Tenggara Barat. Kota ini juga penuh dengan pariwisatanya yang terkenal. Salah satu tempat wisata yang terkenal di Lombok adalah Taman Nasional Gunung Rinjani. Nah, bagi anda yang akan melakukan perjalanan wisata ke Pulau Lombok, ada kala baiknya jika anda harus memperhatikan tips – tips berikut ini. Tips ini juga bisa diterapkan kepada anda para wisatawan yang terbiasa menjadi backpacker maupun tidak terbiasa. Lalu apa saja tipsnya? Berikut tips dari saya.

1. Merencanakan Perjalanan Wisata Dengan Matang

Terkadang yang namanya spotanitas bisa menjadikan liburan anda lebih seru. Namun, waktu liburan anda yang terbatas, ada kala baiknya jika anda merencanakan liburan pada jauh hari sehingga jadwal waktu liburan menjadi lebih matang. Anda bisa mencari informasi yang sebanyak – banyak mungkin bisa melalui internet. Dengan perencanaan yang matang, waktu liburan anda tidak terbuang di lokasi hanya karena mencari informasi, terlebih lagi jika anda berliburan dengan keluarga atau teman anda.

Untuk menghindari bentrokan saat liburan, anda beserta rombongan harus sudah merencanakan perjalanan pada sebelumnya. Dan jika anda mau, anda mencari informasi mengenai agenda festival dan kegiatan yang dilaksanakan di Pulau Lombok yang sesuai dengan jadwal perjalanan wisata anda. Anda bisa menemukan berbagai informasi tersebut di Google.

2. Sewa Transportasi

Yang kedua adalah, anda harus menyewa transportasi. Jika anda berlibur hanya berdua, sebaiknya gunakan transportasi motor saja untuk akomodasinya, sehingga biaya perjalanan wisata bisa murah. Namun berbeda hal lagi dengan jika anda berlibur secara berkelompok atau rombongan, ada baiknya untuk menyewa mobil, sehingga perjalanan wisata anda bisa lebih murah dan hemat.

Namun jika anda akan menyewa mobil, memang harganya sedikit mahal dari harga pada umumnya. Akan tetapi, ada keuntungannya yaitu anda bisa mendapatkan sopir beserta tour guide dari sang sopir tersebut. Biasanya sang sopir adalah warga asli setempat, sehingga tau dan hafal dengan tempat – tempat wisata yang ada disitu. Dan juga anda bisa bertanya – tanya panjang lebar kepada sang sopir yang terkait tempat wisata selama perjalanan.

3. Menyiapkan Uang Extra Cash Di Dompet Anda

Berbeda dengan tempat wisata – wisata di kota lain, untuk menikmati objek wisata di Lombok tidak dipungut biaya seperti jika anda mengunjungi sentra gerabah Banyumelek, Desa Tradisional Suku Sasak, atau pun ke Pura Lingsar. Namun, jika anda memasuki tempat – tempat tersebut, biasanya akan ada kotak amal dan anda bisa mengisi buku dengan menuliskan nominal sumbangan yang anda berikan dan ini seikhlasnya. Nantinya, sumbangan ini akan dibuat untuk perawatan dan kemajuan tempat – tempat wisata tersebut.

4. Menyiapkan Sun Block

Wisata yang terkenal di Pulau Lombok adalah pantai nya yang sangat indah dan eksotis yang tersebar mulai Lombok Barat hingga ke Lombok Selatan. Contoh pantai yang ada disana adalah Pantai Senggigi dan tiga Pulau Gili yakni Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, lalu ada Pantai Kuta, Tanjung Aan, dan Pantai Mawun. Disana anda bisa berjemur, snorkling, diving, hingga berselancar. Maka dari itu tips yang berwisata ke Lombok yang lainnya yaitu jangan lupa menyediakan sublock agar efek dari sengatan matahari tidak langsung menyengat kulit anda. Perlu di ingat, sunblock hanya mengurangi kulit dari iritasi akibat sinar UV.

5. Berpakaian Yang Sopan

Suku Sasak adalah suku yang menganut agama Islam yang menjujung tinggi norma dan sosial bermasyarakat. Suku ini mendiami di Lombok. Walaupun Lombok sudah menjadi destinasi warga lokal maupun mancanegara, bukan berarti disini para turis boleh berpakaian yang terbuka, namun disini pakaian harus tertutup. Disini juga anda tidak diperkenankan untuk bermabuk – mabuk an di tempat umum. Apalagi saat memasuki bulan Ramadhan, aturan disini jauh lebih ketat, ketika para umat muslim mulai berpuasa.